(Enam) 6 Konsep Pemasaran Dan Tujuannya Lengkap

Posted on

(Enam) 6 Konsep Pemasaran Dan Tujuannya Lengkap – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan atau bisnis yang menyatakan bahwa kepuasaan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya adalah syarat yang paling penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan yang dijalani. Konsep ini bertujuan untuk memberikan kepuasan tersendiri terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen.

Konsep inti dari pemasaran antara lain: keinginan, kebutuhan, produksi, permintaan, nilai, utilitas, kepuasan, transaksi dan interaksi, pemasaran dan pasar.

Konsep Pemasaran

Dalam konsep dasar pemasaran ada enam konsep yaitu:

1. Konsep Produksi

Yaitu suatu konsep dimana konsumen lebih menyukai produk yang dapat ditemukan dimana-mana dengan harga yang murah. Jadi orientasi konsep ini lebih mengarah pada upaya pencapaian efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang sangat luas. Tugas manajemen disini adalah memperbanyak produksi barang karena konsumen dianggap akan menerima hasil produksinya yang terjangkau dimana-mana.

2. Konsep Produk

Menyatakan bahwa akan lebih menyukai produk yang menawarkan mutu, kualitas, performansi dan karakter terbaik. Dimana tugas manajemen disini ialah membuat produk yang berkualitas tinggi dan penampilan yang terbaik & menarik.

3. Konsep Penjualan

Menyatakan bahwa konsumen  dengan dibiarkan begitu saja atau apa adanya, organisasi harus berusaha melaksanakan promosi yang menarik para konsumen.

4. Konsep Pemasaran

Menyatakan bahwa kunci dalam mencapai tujuan sebuah organisasi bisnis meliputi penentuan kebutuhan & keinginan pasar sebagai sasaran serta memberi kepuasan yang sesuai secara efektif & efisien dibandingkan dengan para pesaing.

5. Konsep Pemasaran Sosial

Dalam konsep ini tugas sebuah organisasi yaitu menentukan kebituhan , kepentingan, keinginan pasar dan tetap memberi kepuasan serta tetap melestarikan & meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.

6. Konsep Pemasaran Global

Dalam konsep ini manajer eksekutifnya harus berupaya memahami segala faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pemasaran lewat manajemen yang strategis. Dimana tujuan akhirnya ialah berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat dan memberikan yang terbaik dan bermanfaat kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam suatu perusahaan.

Enam Konsep Pemasaran Dan Tujuannya

Tujuan Pemasaran

Adapun tujuan pemasaran (marketing objektive) yaitu apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui adanya kegiatan pemasaran. Jika kepuasan & kebutuhan konsumen terpenuhi maka akan berdampak pada hasil penjualan produknya meningkat & pada akhirnya tujuan pemasaran akan tercapai yakni memperoleh keuntungan atau laba. Namun jika sebuah perusahaan melalaikan kebutuhan konsumen dan hanya memikirkan produsennya saja, maka akan ada kemungkinan hasil penjualan yang diperoleh menurun, sehingga keuntungannya minim bahkan bisa terjadi kerugian. Kepuasan pembeli atau konsumen lah yang terpenting bagi perusahaan dalam sebuah marketing.

Perlu diingat dalam hal pemasaran, sebaiknya kita melakukannya dengan sangat hati-hati karena saat ini banyak sekali hal-hal yang tidak diinginkan bisa terjadi, seperti penipuan dan lain-lain. Jika kita memang akan terjun dalam dunia marketing, persiapkanlah diri kita sebaik mungkin dan berani mengambil segala resiko yang ada.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai (Enam) 6 Konsep Pemasaran Dan Tujuannya Lengkap, semoga bermanfaat. Terimakasih.