Pola Bentuk-Bentuk Muka Bumi Dan Mengidentifikasinya Lengkap

Posted on

Pola Bentuk-Bentuk Muka Bumi Dan Mengidentifikasinya Lengkap – Didalam suatu daerah dapat kita lihat bagaimana keadaan dari daerah tersebut, pakah memiliki dateran tinggi atau memiliki dataran rendah atau juga dapat berupa perairan.

Maka dari itu di perlukan pola dari bentuk muka bumi yang dapat memberikan kita pemahaman yagn lebih mengenai bentuk dari muka bumi yang ada di sekitar kita. Untuk mengerti apa itu pola bentuk muka bumi akan di jelaskan sebagai berikut.

Pola Sebaran Bentuk Muka Bumi

Pada peta yang umum kita dapat melihat warna-warna dan juga symbol yagn dapat mewakili suatu kenampakan dari alam yang sebenarnya. Seperti dapat kita ambil contoh pulau bali yang memiliki suatu bentang alam dengan daratan rendah hingga daratan tinggi.

Pewarnaan yang ada bertingkat dari warna hijau yang merupakan daratan rendah dengan ketinggiannya antara 0 – 100 m, lalu warna hijau muda yang dapat menunjukkan daratan sedang yang dengan ketinggian antara 100 – 500 m, selanjutnya ada warna kuning yang mewakili daratan tinggi dengan ketinggiannya diantara 500 – 1.000 m , dan yang terakhir warna cokelat yang mernunjukkan daerah dengan daratan tinggi yang memiliki ketinggian > 1.000 m .

Puncak yang paling tingginya berada di puncak gunung agung dengan ketinggiannya 3.142 m yang berada di atas permukaan air laut. Daratan tinggi idan juga pegunungan ini berada di bagian utara yagn sekain berada ke selatan semakin landai.

Pulau ini sendiri memiliki rangkaian gunung atau yang berupa pegunungan di bagian utaranya. Kebanyakan dari pegunungan ini tidak aktif, hal ini dapat di terangkan oleh gambar segitiga hitam di peta.

Gunugn yang masih aktif hanya gunung agung dan gunung batur yang dapat di gambarkan dengan bentuk segitiga yang berwarna merah. Danau yang berada di dalamnya berjumlah 4 buah yaitu danau buyan, danau batur, danau bratan dan juga danau tamblingan. Bandara uda ra yang ada di bali ada satu yaitu Bandara Ngurah Rai yang ada di Denpasar dan juga terdapat pelabuhan yang bernama Benoa, Celukbawang, Dan Gilimanuk, serta Tanjung Melanting.

Perairan yang ada di dalamnya berada I atas perairan dangkal yaitu 0 – 200 m, perairan sedang 200 – 3.000 m, dan juga perairan dalam > 3.000 m. perairan ini mengelilingi pulau bali dan dapat kita jumpai pantai-pantai yang indah.

Pola Bentuk-Bentuk Muka Bumi Dan Mengidentifikasinya Lengkap

Mengidentifikasi Bentuk muka Bumi

Di peta khusus merupakan peta yang dapat menyajikan suatu data tertentu di dalam penyiarannya. Di salah satu contoh penta khusus yaitu peta kontur. Peta ini merupakan suatu garis khayal yang dapat menghubungkan titik-titik yang dapat memiliki suatu ketinggian yang sama dengan ketinggian muka bumi. Maka peta ini merupakan peta yang dapat menyajikan suatu tentang ketinggian tempat yang ada di muka bumi. Berikut merupakan garis kontur:

  1. Dapat merupakan  kurva yang tertutup da tidak pernah terpotong.
  2. Bersifat horizontal.
  3. Jika konturnya lebih rapat berarti itu merupakan lereng yang curam.
  4. Memiliki bentuk yang berbelok di lembah dan dapat mengikuti lereng dari lembah menuju arah udik atau hulu.
  5. Memiliki keadaan yang tegak lurus dengan jurusan air yang dapat mengelir di permukaan seperti aliran sungai.
  6. Interpresentasi dari peta kontur memberi informasi tentang seberapa tinggi tempat dan bentukan dari lereng, serta kemiringan yagn di miliki oleh lereng tersebut. selain tiu juga peta kontur dapat menentukan inversibility atau gambaran yang di dapat dari pembuatan suatu profil atau berupa diagram penampang.

Sekianlah penjelasan mengenai Pola Bentuk-Bentuk Muka Bumi Dan Mengidentifikasinya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan menggunakan peta khusus dapat memberikan kita keterangan mengenai suatu tempat. Semoga bermanfaat 🙂