Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur, Bagian, Letak Terlengkap

Posted on

Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur, Bagian, Letak Terlengkap – Di ulasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Talamus atau Thalamus. Yang meliputi pengertian, fungsi, struktur dan bagian, serta letak thalamus dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Talamus

Talamus atau thalamus secara bahasa berasal dari Bahasa Yunani yang artinya ruang bagian dalam. Talamus merupakan salah satu struktur yang letaknya di tengah otak.

Lebih tepatnya antara korteks serebral dan otak tengah. Thalamus adalah suatu struktur paling besar yang ada pada diencephalon, atau suatu bagian dari otak yang letaknya diantara otah tengah (mesencephalon) dan otak depan (telecephalon).

Fungsi kelenjar talamus adalah untuk menghantarkan sinyal sensorik dan motorik yang berkaitan dengan kesadaran, tidur dan kewaspadaan ke korteks otak.

Atau secara singkatny, fungsi talamus yakni sebagai pengirim pesan sensorik estafet dari tubuh menuju otak dan juga mengatur tingkat kesadaran. Thalamus adalah sub organ dari diencephalon.

Pengertian lain dari Talamus adalah bagian sistem limbrik dan sebagai penghubung daerah dari korteks serebral yang bertanggung jawab sebagai kontrol gerak dan persepsi sensorik dengan bagian lain dari otak yang berkaitan dalam fungsi yang sama.

Fungsi Talamus/Thalamus

Fungsi yang paling utama kelenjar talamus adalah sebagai penyampai informasi yang berkaitan dengan kesadaran, siklus tidur dan juga kewaspadaan.

Selain hal diatas, talamus juga mempunyai fungsi sebagai pemancar dan penerus informasi tentang reseptor indera seperti penglihatan, pendengaran, sentuhan dan rasa kecuali penciuman.

Talamus biasa digambarkan sebagai stasiun relay. Hal itu karena hampir seluruh informasi sensorik (kecuali bau) yang dilanjutkan ke korteks pertama berhenti pada talamus sebelum dikirim ke tujuan.

Talamus terbagi menjadi beberapa inti yang mempunyai spesialisasi fungsional untuk menangani jenis informasi tertentu. Informasi sensorik melakukan perjalanan ke talamus dan dialihkan menuju inti disesuaikan dengan berperan dalam jenis data indrawi.

Kemudian, informasi itu dikirim dari inti yang ke daerah yang tepat dalam korteks yang mana informasi tersebut diproses lebih lanjut.

Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur, Bagian, Letak

Struktur Dan Bagian-Bagian Talamus/Thalamus

Letak talamus adalah pada bagian atas batang otak, dekat pusat dari otak. Thalamus terdiri dari mass berbentuk bola lampu yang dibagi dua dengan panjang sekitar 5,7 vm dan simetris antara kiri dan kanan.

Talamus menerima nutrisi dan oksigen dari 4 cabang pembuluh darah cerebral posterior. Kelenjar talamus berisikan Lamella, yakni serabur saraf bermielin.

Thalamus adalah salah satu bagian dari sistem nukleus kompleks, bersama dengan Hypothalamus, Epithalamus, dan Prethalamus (Ventral Thalamus) dan Dorsal Thalamus. Beberapa nukleus yang ada pada thalamus antara lain sebagai berikut:

  1. Nukleus Thalamus Anterior. Masuk dalam sistem limbrik yang menyalurkan rangsangan ke korteks cinguli.
  2. Nukleus Ventralis Anterior. Ini berkaitan dengan korpus striatum.
  3. Nukleus Ventralis Lateralis. Mempunyai fungsi menerima saraf dari globus pallidus dan serebelum dan juga mengeluarkan serabut-serabut yang berjalan menuju korteks serebri.
  4. Nukleus Ventralis Posterolateralis. Adalah stasiun tempat sinapsis traktus spinotalamikus dan lemniskus medialis, yang kemudian berjalan menuju korteks serebri.
  5. Sentrum Medianum. Ini berkaitan dengan korpus startum.
  6. Nukleus Medial. Ini berkaitan dengan hipotalamus dan lobus frontalis
  7. Nukleus Pulvinar. Ini berkaitan dengan lobus oksipitalis dan lobus parietalis.
  8. Korpus Genikulatum Mediale. Adalah stasiun penghubung penghantar rangsang pendengaran.
  9. Formasi Retikularis. Ini adalah subtrat anatomi kesadaran.

Thalamus berhubungan langsung dengan hipokampus (yakni bagian dari otak besar yang letaknya pada lobus temporal) melalui jalur mammillio thalamic. Dan juga berhubungan korteks serebral melalui saluran thalmokortikal.

Letak Talamus/Thalamus

Lokasi atau letak talamus pada manusia adalah pada bagian atas batang otak. Otak manusia rata-rata mempunyai berat sekitar tiga pon. Bagian atas ini dibagi menjadi dua belah.

Bagian bawah otak terhubung ke sumsusm tulang belakang oleh batang otak. Talamus terletak di atas batang otak yang terdiri rasi dua bagian yang biasa disebut sebagai lobus.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Talamus, Fungsi, Struktur, Bagian, Letak Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga: