Pengertian HUB, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, Kekurangan Terlengkap

Posted on

Pengertian HUB, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, Kekurangan Terlengkap – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang HUB. HUB didalam jaringan komputer sangat dibutuhkan karena merupakan penghubung antar perangkat dengan sambungan kabel ethernet.

Pengertian HUB, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, Kekurangan Terlengkap

Sebagai penyambung antar perangkat HUB akan mengirim data dari klien ke semua komputer. Selain itu lebih lengkapnya simak ulasan kami tentang HUB, fungsi, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan dari HUB dibawah ini dengan seksama.

Pengertian HUB

HUB yaitu suatu perangkat jaringan komputer yang mempunyai fungsi untuk menyambungkan perangkat-perangkat dengan kabel Ethernet atau serat optik supaya dapat tersambung dalam jaringan (network segment).

Cara kerja HUB pada lapis 1 (lapisan wujud) dalam acuan OSI (OSI Model). HUB dimanfaatkan untuk mengirim data dari klien atau user. Definisi HUB yang lain yaitu suatu perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Menjadikan HUB dapat bekerja sebagai penghubung atau concetrator, serta sebagai penguat sinyal pada kabel UTP (Unshielded Twister-Pair.

HUB tidak menggunakan MAC Addressing atau Physical Addresing menjadikannya tidak bisa memilikh data yang harus ditransmisikan sehingga collision tidak dapat dihindari dari penggunaan HUB itu.

Fungsi HUB

Pengertian HUB, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, Kekurangan Terlengkap

HUB mempunyai fungsi utama sebagai hardware (perangkat keras) yang menerima sinyal dari sebuah komputer dan sebagai titik pusat yang menyambungkan seluruh komputer ke dalam jaringan. Fungsi lain dari HUB antara lain yaitu:

  • Sebagai penghubung dan konsentrator
  • Sebagai media yang menguatkan sinyal kabel UTP
  • Sebagai media yang menyediakan penambahan penghilangan maupun penambahan workstasion.
  • Sebagai penambak jarak network
  • Sebagai penyedia dan fasilitator dengan mengsupport interface yang berbeda
  • Menyajikan feature-feature yang fault tolereance
  • Mengatur management yang terpusat.

Jenis-Jenis HUB

HUB mempunyai dua jenis yakni HUB aktif dan HUB pasif.

HUB Aktif
HUB aktif ialah HUB yang mempunyai kemampuan sebagai penguat sinyal pada suatu jaringan atau dinamakan dengan Repeat. HUB aktif sangat bermanfaat sebagai penyambung dua unit komputer atau lebih dengan jarak yang cukup jauh.

HUB Pasif
HUB pasif ialah HUB yang mempunyai tugas hanya membagikan sinyal transmisi yang masuk pada port-port komputer yang tersambung dengan jaringan. HUB pasif seringkali dipakai untuk menambah unit komputer yang tersambung dengan jarak unit komputer dengan komputer lain yang tidak jauh.

Kelebihan HUB

Kelebihan dari HUB antara lain yakni:

  • HUB termasuk dalam Layer 1 dalam OSI model (physycal layer)
  • HUB mempunyai banyak port
  • User HUB dapat melakukan sharing dengan jaringan yang sama.

Kekurangan HUB

Sedangkan kekurangan dari HUB antara lain yaitu:

  • HUB tidak dapat membaca paket data-data
  • HUB tidak bisa mengetahui sumber dan tujuan data
  • Kecepatan dalam komunikasi harus dibagi dengan komputer lain yang menjalankan sharing.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian HUB, Fungsi, Jenis-Jenis, Kelebihan, Kekurangan Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga: