Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan, Jenis-Jenis Terlengkap

Posted on

Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan, Jenis-Jenis Terlengkap – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan mengulas tentang Pelayanan Kesehatan. Pelayanan kesehatan berhubungan dengan fasilitas yang diberikan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan, Jenis-Jenis Terlengkap

Selain tentang pelayanan kesehatan kami juga akan menjelaskan apa tujuan dari pelayanan kesehatan dan jenis-jenisnya secara lengkap. Untuk lebih detailnya simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pelayanan Kesehatan

Definisi pelayanan kesehatan yaitu suatu konsep yang dipakai dalam pemberian layanan kesehatan terhadap masyarakat. Pelayanan kesehatan juga diartikan sebagai konsep yang diterapkan untuk memberikan layanan dengan jangka waktu lama dan terus dilakukan kepada publik dan masyarakat.

Pengertian Pelayanan Kesehatan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan, Jenis-Jenis Terlengkap

Depkes RI (2009)

Pelayanan kesehatan menurut Depkes RI adalah upaya untuk menyelenggarakan perorangan atau bersama-sama dalam organisasi untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan, memelihara serta menyembuhkan penyakit dan juga memulihkan kesehatan perorangan, kelompok, keluarga dan ataupun publik masyarakat.

Levey dan Loomba (1973)

Pelayanan kesehatan menurut Levey dan Loomba adalah upaya untuk menyelenggarakan sendiri ataupun secara bersama-sama dalam suatu organisasi kesehatan untuk mencegah dan meningkatkan kesehatan, memelihara, dan menyembuhkan penyakit dari seseorang, kelompok, keluarga, ataupun masyarakat.

Prof. Dr. Soekijo Notoatmojo

Pelayanan kesehatan menurut Prof. Dr. Soekijo Notoatmojo adalah sebuah bagian dari sistem pelayanan kesehatan yang tujuan utamanya adalah pelayanan preventif (pencegahan) dan promotif (peningkatan kesehatan) memiliki sasaran yaitu publik dan masyarakat.

Tujuan Pelayanan Kesehatan

A.A Maulana (2013) menyatakan sistem pelayanan kesehatan mempunyai tujuan antara lain yaitu:

  • Promotif, atau memelihara dan meningkatkan kesehatan hal ini sangat dibutuhkan seperti pada peningkatan gizi.
  • Preventif, atau pencegahan terhadap orang yang mempunyai resiko terhadap penyakit yang terdiri dari:
  • Preventif primer: Adalah tersusun dari program pendidikan seperti imunisasi, penyediaan nutrisi yang baik.
  • Prventif Sekunder: Adalah pengobatan penyakit tahap dini.
  • Preventif Tersier: Adalah diagnosa penyakit, pembuatan diagnosa dan pengobatan.
  • Kuratif. Adalah penyembuhan suatu penyakit
  • Rehabilitasi. Adalah proses memulihkan dan proses mengobati.

Pelayanan kesehatan diatas dilakukan oleh:

  • Dokter Spesialis
  • Dokter Subspesialis terbatas
  • Perawat
  • Bidan
  • Petugas kesehatan lingkungan.

Jenis-Jenis Pelayanan Kesehatan

Hodgetts dan Casio menyatakan pelayanan kesehatan terbagi dalam beberapa jenis yang secara umum ada dua, yaitu:

Pelayanan Kedokteran
Pelayanan kesehatan yang didalamnya ada kelompok pelayanan kedokteran (medical services) ditandai dengan cara melakukan pengorganisasian yang bisa bersifat sendiri (solo practice) atau secara bersama-sama pada sebuah organisasi.

Tujuan terpenting adalah untuk menyembuhkan penyakit dan melakukan pemulihan kesehatan, serta sasaran utamanya adalah untuk perseorangan dan keluarga.

Pelayanan Kesehatan Masyarakat
Pelayanan kesehatan yang ada dalam kelompok kesehatan masyarakat (publik healt service) ditandai dengan cara melakukan pengorganisasian yang pada umumnya dilaksanakan secara bersama pada sebuah organisasi.

Tujuan terpenting adalah untuk memelihara dan melakukan peningkatan kesehatan serta pencegahan penyakit. Sedangkan sasarannya adalah kelompok dan masyarakat.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan, Jenis-Jenis Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga: