Pengertian Router, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja Terlengkap

Posted on

Pengertian Router, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja Terlengkap – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang Router. Router merupakan perangkat keras pada jaringan komputer yang dapat dipakai untuk menyambungkan jaringan yang sama atau berbeda.

Pengertian Router, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja Terlengkap

Router pada jaringan berfungsi untuk menghubungkan atau meneruskan data dari sebuah jaringan ke jaringan lain. Untuk lebih lengkapnya silakan simak pembahasan tentang router, fungsi, jenis-jenis dan cara kerja router dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Router

Router adalah perangkat keras (hardware) yang dapat dipakai untuk menyambungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Router juga diartikan sebagai perangkat untuk mengirimkan paket data dengan jaringan maupun internet untuk dapat menuju tujuannya, proses itu disebut dengan routing.

Fungsi Router

Fungsi dari router yaitu sebagai penghubung dua jaringan atau lebih yang akan meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router mempunyai fungsi utama yakni untuk membagi atau mendistribusikan IP Addres, secara statis atau DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol kepada seluruh komputer yang tersambung ke router tersebut.

Dengan adanya IP Addres unik yang dibagikan dari router kepada masing-masing komputer, maka setiap komputer akan saling terhubung juga dapat melakukan komunikasi, dengan jaringan LAN atau internet.

Pengertian Router, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja Terlengkap

Router bisa dipakai untuk menyambungkan banyak jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar, yang dinamakan dengan internetwork atau membagi suatu jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk peningkatan kinerja dan juga memudahkan manajemennya.

Router juga biasa dipakai untuk menghubungkan dua jaringan yang memakai media yang berbeda (Seperti pada router wireless yang seringkali bisa menyambungkan komputer dengan memakai radio, juga mendukung koneksi komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti pada Ethernet ke Token Ring.

Router bisa dipakai untuk menyambungkan LAN ke suatu layanan telekomunikasi seperti pada telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang dipakai untuk menyambungkan LAN ke suatu koneksi leased line seperti T1 atau T3, sering dinamakan dengan acces server.

Sementara itu, router yang dipakai untuk menyambungan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL dinamakan dengan DSL router. Router-router sejenis itu pada umumnya mempunyai fungsi firewall untuk menjalankan penapisan paket menurut alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, walaupun beberapa router tidak memilikinya.

Router yang mempunyai fitur penapisan paket dinamakan dengan packet-filtering router. Router umumnya melakukan pemblokiran lalu lintas data yang disebarkan secara broadcast menjadikan dapat mencegah terdapatnya broadcast strom yang mampu memperlambat kinerja jaringan.

Jenis-Jenis Router

Pada umumnya, router dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Static Router (router statis) adalah suatu router yang mempunyai tabel routing statis yang di atur dengan manual oleh administrator jaringan.
  • Dynamic Router (router dinamis) adalah suatu router yang mempunyai dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berkaitan dengan router lain.

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan cara melakukan routing paket atau data informasi. Dengan cara ini router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut yang akan dituju, apakah berada di satu jaringan yang sama atau berbeda.

Apabila informasi yang dituju mengarah ke jaringan yang berbeda, amaka router secara otomatis akan meneruskan kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar dan meneruskan paket itu dengan routing di jaringan yang sama sampai terkirim ke tujuannya. Seperti itu cara kerja dari router pada jaringan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Router, Fungsi, Jenis-Jenis, Cara Kerja Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga: