38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli – Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita akan banyak membahas mengenai manajemen itu sendiri, antara lain: pengertian manajemen dan konsep dasar manajemen. Dan disini semua akan dibahas secara lugas dan lengkap.

Pengertian Manajemen (Definition of Management)

1. Kata Manajemen diambil dari bahasa Prancis kuno yaitu “menagement“, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur. Menurut seorang pakar Mary Parker Follet, manajemen berperan sebagai seni untuk menyelesaikan suatu pekerjaan lewat orang lain. Definisi tersebut menunjukkan bahwa seorang manajer mempunyai tugas mengarahkan dan mengatur seseorang untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

2. Menurut Ricky W. Griffin sebuah proses pengorganisasian, pengkoordinasian, perencanaan, dan pengontrolan sumber daya agar dapat mencapai sasaran (goals) secara efisien dan efektif. Efisien ialah dimana sebuah tugas yang ada telah dilaksanakan secara terorganisir, benar dan sesuai dengan schedule, sementara efektif sendiri berarti bahwa sebuah tujuan mampu dicapai sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

3. Menurut Henry Fayol Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama, yakni merancang, mengorganisasi, memerihtah, mengoordinasi, dan mengendalikan.

4. Menurut James A.F. Stoner (2006) Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya

5. Menurut Melayu S.P. Hasibuan (2000:2) Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

6. Menurut T. Hani Handoko (2000:10) Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan, fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisassian, penyusunan, personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan

7. Menurut Marry Parker Follet Manajemen adalah seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain.

8. Menurut Prof. Oie Liang Lee Manajeman adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9. Menurut The Liang Gie (1982) Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap faslilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

10. Menurut George R. Terry (1994) Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan pengawasan dengna memanfaatkan baik ilmu maupun seni demi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

11. Menurut Dr. Sp. Siagian Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain.

12. Menurut Richard L. Daff (2002:8) Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.

13. Menurut Oxford Manajemen adalah the process of dealing with or controlling people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda)

14. Menurut Horold Koontz Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu mellaui kegiatan orang lain.

15. Menurut Lawrence A. Appley Manajemen adlah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

16. Menurut Hilman Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

17. Menurut Ricky W. Griffin Manajemen adlaah sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efisien.

18. Menurut William H. Newman Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

19. Menurut Drs. Oey Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengotrolan.

20. Menurut Prof. Eiji Ogawa Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian dan pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk sistem pembuatan barang yang dilakuan orang organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

21. Menurut Federick Winslow Taylor Manajemen adalah suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap sistem kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.

22. Menurut Lyndak F. Urwick Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planngi Organizing (perencanaan pengorganisasian, Commanding (memerintahkan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).

23. Menurut Ensiclopedia of The Social Siences Manajemen adalah sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.

24. Menurut Cyril O’Donnel Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

25.Menurut Gordon (1976) Manajemen adalah metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.

26. Menurut Millet (1954) Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

27. Menurut Davis (1951) Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimanapun.

28. Menurut Kimball dan Kimball (1951) Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaan, penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

29. Menurut Peter Drucker Manajemen adalah orang yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.

30. Menurut Chaster I Bernard Manajemen adalah seni dan ilmu

31. Menurut Koontz dan Cyril O’donnel Manajemen adalah usaha untuk mencapai/menggapai tujuan tertentu melalui kegiatan/usaha orang lain.

32. Menurut R. Terry Manajemen adalah suatu proses unik dan khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, serta penggerakkan dan pengendalian yang dilakukan guna menentukan arah serta mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya melalui pemanfaatan SDM srta sumber daya lain.

33. Menurut Marry Parker Follet Manajemen adalah seni, karena untuk melakukan/menyelesaikan pekerjaan tertentu yang dilakukan oleh orang lain membutuhkan keterampilan tertentu.

34. Menurut Dr. Ahuja Manajemen adalah pihak-pihak yang menawarkan/menyediakan jasa untuk bidang yang berhubungan dengan manajemen

35. Menurut Renville Siagian Manajemen adalah salah satu bidang usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan yang dikelola oleh tenaga ahli yang terlatih dan berpengalaman.

36. Menurut Dr. Bennett N.B Silalahi, M.A Manajemen adalah ilmu perilaku yang terdiri dari aspek sosial eksak bukan dari tanggung jawab keselataman serta kesehatan kerja baik dari sisi perencanaanya.

37. Menurut Wikipedia Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

38. Menurut Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku ORGANISASI DAN MANAGEMENT Manajemen adalah Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

Ada tiga pengertian yang dikandung dari istilah manajemen yaitu:

  • Manajemen sebagai suatu proses,
  • Manajemen sebagai sebuah kolektivitas bagi orang-orang yang sedang melakukan aktivitas manajemen,
  • Manajemen sebagai seni atau Art & sebagai ilmu pengetahuan atau Science.

Manajemen sebagai suatu proses, dikemukakan tiga buah definisi, yaitu:

  1. Dikatakan dalam Encylopedia of the Social Sience bahwa manajemen merupakan suatu proses dimana pelaksanaannya untuk mendapat suatu tujuan tertentu itu diselenggarakan dan diawasi.
  2. Menurut Hilman, manajemen ialah sebuah fungsi yang bertujuan untuk mendapatkan sesuatu dengan kegiatan orang lain & mengawasi berbagai usaha individu agar mencapai tujuan yang sama. Manajemen merupakan kolektivitas dari berbagai orang yang melakukan suatu aktivitas manajemen. Jadi bisa dikatakan, bahwa beberapa orang yang sedang melakukan suatu aktivitas manajemen dalam suatu organisasi tertentu disebut manajemen.
  3. Manajemen merupakan sebuah seni (Art) atau (Science) suatu ilmu pnegetahuan. Dalam hal ini belum ada kesamaan pendapat, suatu kelompok mengatakan bahwa manajemen merupakan sebuah seni & sekelompok lain mengatakan bahwa manajemen adalah sebuah ilmu. Pada dasarnya kedua pendapat tersebut mengandung arti yang sama kebenarannya.

Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli

Seorang ahli G.R. Terry mengatakan bahwa manajemen ialah suatu proses / kerangka kerja, yang melibatkan pengarahan atau bimbingan suatu kelompok orang yang mengarah ke tujuan organisasional atau maksud yang real atau nyata.

Sedangkan Mary Parker Follet mengemukakan bahwa manajemen merupakan suatu bentuk seni untuk melakukan suatu pekerjaan lewat orang lain. Definisi dari Mary Parker Follet ini mengandung perhatian pada sebuah kenyataan bahwa para manajer dapat mencapai tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain agar dapat melaksanakan apa saja yang diperlukan dalam suatu pekerjaan, tidak dengan cara melaksanakan pekerjaan tersebut seorang diri.

Konsep Dasar Manajemen

Beberapa konsep dasar manajemen yaitu:

Manajemen Sebagai Ilmu (Science), Dalam Ilmu Pengetahuan (science) manajemen selalu berusaha secara sistematis agar dapat memahami bagaimana dan mengapa manusia harus bekerja bersama agar dapat mencapai tujuan & membuat sebuah sistem kerjasama ini bisa bermanfaat bagi kepentingan kemanusiaan.

Manajemen Sebagai Seni (Art), Manajemen merupakan sebuah seni untuk tercapainya suatu hasil yang optimal dengan usaha yang standar, dan juga agar tercapainya sebuah kebahagiaan dan kesejahteraan yang optimal bagi sebuah pemimpin maupun pekerja serta mampu memberikan layanan yang sangat baik bagi masyarakat.

Manajemen Sebagai Profesi, Ialah suatu bidang pekerjaan atau kegiatan yang dikerjakan oleh banyak orang yang mempunyai keterampilan dan keahlian sebagai pemimpin, manajer atau leader pada sebuah perusahaan atau organisasi tertentu.

Manajemen sebagai Proses, Manajemen merupakan sebuah proses khas yang terdiri dari sebuah tindakan yang direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan dan dikendalikan dimana pada masing-masing bidang tsb menggunakan ilmu pengetahuan dan skill yang diikuti secara urut dalam usaha untuk mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditentukan.

Itulah pembahasan mengenai 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli yang bisa kita ketahui, semoga dapat menambah pengetahuan kita. Terimakasih 🙂